Normal view

Benarkah Chairuman Dicecar soal Uang Miliaran di Lemari ?

Baru ini di

Mantan Ketua Komisi II DPR RI Chairuman Harahap – Medcom.id/Juven Martua Sitompul.

Jakarta: Majelis hakim pengadilan Tipikor Jakarta mencecar mantan Ketua Komisi II DPR RI Chairuman Harahap soal uang miliaran yang disimpan di lemarinya. Uang itu diduga berkaitan dengan korupsi KTP berbasis elektronik (KTP-el). 

"Ada titipan uang dan ada keterangan Anda uang itu hasil bisnis Anda. Tapi yang menarik bahwa uang itu Anda simpan dan kelola di lemari di kamar tidur Anda, apa itu benar?" tanya hakim anggota Ansyori Saifudin, Kamis, 1 Februari 2018. 

Chairuman membenarkan pernah memberi keterangan itu ke penyidik dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Ia menjelaskan, uang tersebut berasal dari usaha kelapa sawit dan kepemilikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sumatera Utara. 

Jawaban politikus Partai Golkar itu tidak membuat puas hakim Ansyori. Hakim mengaku heran dengan pernyataan Chairuman yang menyebut uang itu berbentuk pecahan Rp20.000 dan Rp100.000. Uang itu bahkan dibawa secara tunai dari Sumut ke Jakarta. 

"Kan repot bawa uang tunai dari Medan, kenapa tidak transfer? Uang pecahan Rp20.000 berapa kardus? Enggak muat lagi pakaian Bapak nanti di lemari," lanjut hakim Ansyori.

"Iya, kan saya sering pulang, sering tinjau, periksa," jawab Chairuman. 

Namun begitu, Chairuman membantah jika uang itu terkait dengan proyek KTP-el. Ia juga menampik pernah menerima uang dari hasil proyek senilai Rp5,9 triliun itu. 

Dalam surat dakwaan terhadap Irman dan Sugiharto, Chairuman Harahap disebut ikut menerima uang hasil proyek KTP-el. Ia diperkaya sebesar USD584.000 dan Rp 26 miliar.

lanjutkan

Metrotvnews Channel RSS Feed , butuh software kasir / resto ? hubungi 0838 655 955 35

Leave a comment





Berita lainya :

    Wah Alasan Bill Gates Beramal Miliaran Dolar Terkuak

    Hari ini Jadi Juara Bukan Cuma Soal Tekad dan Latihan

    Hari ini Bukan Soal Gender, Industri Teknologi Lebih Bicara Soal Kompetensi